Oktin Wahyuning

Man Jadda Wa Jada Man Shobaro Zafiro Man Saaro 'Alaa Darbi Washola...

Selengkapnya
Soal HOTS yang benar-benar hot

Soal HOTS yang benar-benar hot

Sekolahku, SMPN 2 Kalibaru Banyuwangi sudah mengadakn PAS pada tanggal 26 November sampai dengan 1 Januari 2018. Tetapi pada saat itu, saya sedang menghadiri Simposium Nasional 2018 di Jakarta mulai tanggal 26 s.d 29 November 2018. Saya baru tiba di Banyuwangi tgl 30 Desemher 2018.

Pada tanggal 1 Desember 2018 hari Sabtu kemaren, saya mengikuti Diklat "HOTS" yang diselenggarakan oleh MGMP IPA "CELL" Wilker Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi, yang bekerjasama dengan Prodi IPA UNESA. Sebenarnya capek juga sih, karena saya baru datang Jum'at, hari Sabtunya langsung ikut diklat. Ini didorong oleh rasa ingin tahu dan memahami Soal HOTS yang begitu besar.

Apatah kata, paparan tentang Soal HOTS hanya dari satu narasumber yang tidak kebih dari 2 jam. Kemudian peserta dikelompokkan. Masing-nasing kelompok mengambil undian yang berisi KD yang akan ditelaah untuk membuat Soal HOTS. Dari 1 KD dibuat beberapa IPKD sejumlah anggota kelompok. 1 IPKD dibuat 3 Tujuan Pembelajaran. Masing-masing Tujuan Pembelajaran dibuat 3 Indikator Soal. Dari masing-masing Indikator Soal dibuat 2 Butir Soal. Alhasil tiap individu membuat 18 Butir Soal HOTS.

Inilah Diklat Jaman Now, teori cukup 2 jam saja selebihnya proses dan produk. Karena kemudian akan banyak unggahan-unggahan di wa yg berisi materi diklat. Maka mau ndak mau, saya harus membaca materi bahkan mencari literasi dari berbagai sumber agar tahu, agar lebih paham tentang Soal HOTS sehingga dapat menyelesaikan tugas membuat 18 Butir Soal.

Disaat yang sama koreksi PAS dan olah nilai untuk e-raport harus segera tuntas. Sempat terpikir untuk tidak mengumpulkan tugas 18 Butir Soal, tapi nalar dan nuraniku berontak. Insyaallah bisssaaa!!!

Tugas 18 Butir Soal HOTS harus terkirim paling lambat tgl 8 Desember 2018. Insyaallah selesai...Aamiin

Soal HOTS telah membuat hari-hariku bebar-banar hot seperi kepanasan. Tapi tak ada kata menyerah untuk belajar. Makin hots maka makin ingin segera menyelesaikan ke18 Butir Soalnya. Barakallah...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantaaap Bunda Oktin...bemar-benar HOT..sukses slalu ya...pasti bisa memyelesaikan

06 Dec
Balas

Aamiin...maturnuwun sanget. Gk perlu nulis yg berar2...nulis aja yg kita rasakan. Njenengan benar2 menginspirasi

06 Dec

Betul Bunda, apa yang kita rasakan, di sekitar kita, lama-lama akan terampil dalam menangkap ide yang ada...dan jadi buku....

06 Dec

Aamiin...pengeeeen

06 Dec

PASnya 26 November sampai 1 Desember 2018...

06 Dec
Balas

Semangat bunda oktin

08 Dec
Balas

Siiaap 86...Bu Ida

08 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali